Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 makanan teratas untuk mata sehat







Orang sering percaya bahwa kegagalan penglihatan adalah akibat penuaan atau ketegangan mata yang tak terhindarkan. Sebenarnya, gaya hidup sehat dapat secara signifikan mengurangi risiko masalah kesehatan mata.

Studi Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS), yang diterbitkan pada tahun 2001, menemukan bahwa nutrisi tertentu - seng, tembaga, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten - dapat mengurangi risiko penurunan yang berkaitan dengan usia dalam kesehatan mata sebesar 25 persen.

Studi ini diperbarui pada 2013 untuk menguji berbagai versi formula asli. Variasi termasuk asam lemak omega-3, zeaxanthin, lutein, dan beta karoten; studi ini menemukan bahwa kombinasi tertentu dapat bekerja lebih baik daripada yang lain.

Studi lebih lanjut setuju bahwa asam lemak omega-3 (termasuk DHA), tembaga, lutein, dan zeaxanthin sangat penting untuk kesehatan mata.

Pada artikel ini, kami melihat bukti 10 makanan kaya nutrisi untuk meningkatkan kesehatan mata. Kami juga membahas tips lain untuk tanda-tanda peringatan kesehatan mata dan mata yang sehat.
Sepuluh makanan terbaik untuk kesehatan mata

Organisasi seperti American Optometric Association (AOA) dan American Academy of Ophthalmology (AAO) terus merekomendasikan nutrisi untuk kesehatan mata berdasarkan laporan AREDS.

Laporan AREDS mendukung 10 makanan kaya nutrisi berikut:

1. Ikan
close up mata coklat wanita
Mempertahankan gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan risiko masalah mata.

Banyak ikan yang kaya akan sumber asam lemak omega-3.

Ikan berminyak adalah ikan yang memiliki minyak dalam usus dan jaringan tubuh mereka, jadi memakannya menawarkan minyak ikan kaya omega-3 yang lebih tinggi. Ikan yang mengandung tingkat omega-3 yang paling menguntungkan termasuk:

    tuna
    ikan salmon
    ikan forel
    ikan kembung
    ikan sarden
    teri
    ikan haring

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak ikan dapat membalikkan mata kering, termasuk mata kering yang disebabkan oleh menghabiskan terlalu banyak waktu di komputer.

2. Kacang dan kacang-kacangan

Kacang juga kaya akan asam lemak omega-3. Kacang juga mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia.

Kacang-kacangan dan kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata termasuk:

    kacang kenari
    Kacang brazil
    kacang mete
    kacang kacangan
    kacang-kacangan

3. Biji

Seperti kacang-kacangan dan polong-polongan, bijinya tinggi omega-3 dan kaya akan vitamin E.

Biji tinggi omega-3 termasuk:

    biji chia
    biji rami
    biji rami
4. Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C. Sama seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan oleh AOA untuk melawan kerusakan mata yang berkaitan dengan usia.

Buah jeruk yang kaya vitamin C meliputi:

    jeruk lemon
    jeruk
    anggur

5. Sayuran hijau berdaun

Sayuran hijau berdaun kaya akan lutein dan zeaxanthin dan juga merupakan sumber vitamin C yang ramah mata.

Sayuran hijau terkenal meliputi:

    bayam
    kubis
    collard

6. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Beta karoten memberi wortel warna oranye.

Vitamin A berperan penting dalam penglihatan. Ini adalah komponen protein yang disebut rhodopsin, yang membantu retina menyerap cahaya.

Penelitian tentang peran beta karoten dalam penglihatan dicampur, meskipun tubuh membutuhkan nutrisi ini untuk membuat vitamin A.
7. Ubi jalar

Seperti halnya wortel, ubi kaya akan beta karoten. Mereka juga merupakan sumber antioksidan vitamin E.
8. Daging sapi

Daging sapi kaya akan seng, yang dikaitkan dengan kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Seng dapat membantu menunda hilangnya penglihatan yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula.

Mata itu sendiri mengandung kadar seng yang tinggi, khususnya di retina, dan jaringan pembuluh darah yang mengelilingi retina.

Daging seperti dada ayam dan pinggang babi juga mengandung seng, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada daging sapi.
9. Telur

Telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, yang dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. Telur juga merupakan sumber vitamin C dan E yang baik, dan seng.
10. Air

Mungkin tidak mengherankan bahwa cairan yang penting bagi kehidupan juga vital bagi kesehatan mata.

Minum banyak air dapat mencegah dehidrasi, yang dapat mengurangi gejala mata kering.

Post a Comment for "10 makanan teratas untuk mata sehat"