Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Makanan Ini untuk Membersihkan Arteri Anda


Pembunuh No. 1 manusia adalah penyakit jantung, yang menyebabkan satu dari empat kematian, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Apa yang membuat penyakit jantung sangat mematikan adalah penumpukan progresif di pembuluh arteri, yang mempersempit dinding bagian dalam, membatasi dan akhirnya menghambat aliran darah.

Arteri adalah pembuluh darah yang mengirimkan darah yang kaya oksigen dari jantung ke berbagai jaringan dalam tubuh. Ketika plak menumpuk dan aliran darah terhambat, arteri yang tersumbat atau tersumbat ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga arteri Anda sehat dan bebas dari penyumbatan? Makanan dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi penyumbatan dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada arteri Anda. Berikut adalah 10 makanan terbaik yang bisa Anda makan untuk membebaskan arteri Anda yang menumpuk.

1. Alpukat

Alpukat membantu mengurangi kolesterol "jahat" dan meningkatkan "kolesterol baik" yang membantu membersihkan arteri. Ini juga mengandung vitamin E, yang mencegah oksidasi kolesterol, serta potasium, yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Alpukat adalah pengganti mayo yang lezat di atas sandwich, atau sebagai topping salad, dan tentu saja, dalam guacamole.

2. Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan terbaik untuk membersihkan arteri Anda. Penuh serat dan mineral, membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular yang serius. Ia bekerja di dalam pembuluh darah dan pembuluh darah untuk mengurangi peradangan yang mungkin menumpuk dari waktu ke waktu. Ini meningkatkan produksi glutathione, antioksidan yang melawan peradangan dan mencegah oksidasi yang merusak yang menyebabkan penyumbatan atau penyumbatan pembuluh darah. Ini juga mengandung asam alfa-linoleat dan asam folat, yang mencegah pengerasan pembuluh darah.

Ada banyak resep bagus untuk asparagus. Kukus, bakar, panggang, dan bahkan makan mentah dalam salad.
3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak — makarel, salmon, sarden, herring, dan tuna — kaya akan lemak sehat, yang dapat membantu membersihkan arteri. Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kolesterol "baik" sambil mengurangi kadar trigliserida, mengurangi peradangan pembuluh darah dan pembentukan gumpalan darah di arteri, dan bahkan dapat menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan orang makan ikan setidaknya dua kali per minggu untuk mengurangi penumpukan plak. Ikan bakar dan bakar adalah yang paling optimal untuk kesehatan jantung.

4. Brokoli

Brokoli dapat mencegah penyumbatan arteri karena sarat dengan vitamin K, yang mencegah kalsium dari merusak arteri. Brokoli juga mencegah oksidasi kolesterol dan penuh serat, yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Stres dapat menyebabkan robek dan penumpukan plak pada dinding arteri. Pohon-pohon kecil ini juga mengandung sulforaphane, yang membantu tubuh menggunakan protein untuk mencegah penumpukan plak di arteri.

Disarankan untuk memiliki dua hingga tiga porsi brokoli per minggu untuk manfaat maksimal. Brokoli adalah sayuran serbaguna lainnya — rasanya enak dipanggang, dipanggang, atau dikukus dan merupakan lauk yang enak.
5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal, asam lemak esensial yang menurunkan kolesterol "jahat" dan meningkatkan kolesterol "baik". Kaya akan antioksidan, itu adalah salah satu minyak sehat untuk digunakan dalam memasak atau untuk dressing.

Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega dan gerimis di atas salad atau pasta. Dianjurkan untuk memilih minyak zaitun organik 100 persen untuk manfaat kesehatan maksimum.

6. Kacang

Alih-alih meraih toples kue, cobalah alternatif yang lebih sehat — kacang. Almond adalah pilihan terbaik karena mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, serat dan protein. Magnesium dalam almond juga mencegah pembentukan plak dan menurunkan tekanan darah. Kacang kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang akan mengurangi kolesterol "jahat" dan meningkatkan kadar kolesterol "baik", yang pada gilirannya menurunkan risiko penumpukan plak di arteri.
7. Semangka

Favorit musim panas ini adalah sumber alami asam amino L-citrulline, yang meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Nitrit oksida menyebabkan arteri menjadi rileks, mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Semangka juga membantu memodifikasi lemak darah dan menurunkan akumulasi lemak perut. Lebih sedikit lemak di daerah perut menurunkan risiko penyakit jantung.

8. Bayam

Hijau gelap dan berdaun ini diisi dengan kalium, folat, dan serat, yang membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan arteri. Satu porsi per hari membantu menurunkan kadar homosistein, faktor risiko penyakit jantung seperti aterosklerosis.
Tidak masalah jika Anda memakannya mentah atau dimasak, manfaatnya sama. Jadi cobalah dalam salad, smoothie dan bahkan pada telur dadar Anda.

9. Kunyit

Komponen utama rempah-rempah ini adalah curcumin, yang merupakan kekuatan anti-inflamasi. Peradangan adalah penyebab utama arteriosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah. Kunyit juga mengurangi kerusakan pada dinding arteri, yang dapat menyebabkan gumpalan darah dan plak menumpuk. Kunyit juga mengandung vitamin B6, yang membantu menjaga kadar homocysteine ​​yang sehat, yang dapat menyebabkan penumpukan plak dan kerusakan pembuluh darah dalam jumlah berlebih.

Kunyit bisa menjadi bahan dalam banyak hidangan, baik yang manis maupun gurih. Salah satu cara untuk mendapatkan dosis harian Anda adalah dengan minum segelas susu kunyit hangat setiap hari. Jika Anda belum pernah memasak dengan itu sebelumnya, sekarang saatnya untuk berkreasi untuk kesehatan Anda!

10. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh mengandung serat larut, yang mengikat kelebihan kolesterol LDL di saluran pencernaan Anda dan menghilangkannya dari tubuh Anda. Biji-bijian utuh juga mengandung magnesium, yang melebarkan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah Anda pada tingkat yang teratur.

AHA merekomendasikan setidaknya enam porsi harian biji-bijian utuh, jadi tukarkan karbohidrat Anda dengan alternatif biji-bijian seperti roti gandum, pasta gandum, beras merah, quinoa, barley dan oatmeal untuk meningkatkan kadar kolesterol dan menjaga arteri Anda bersih.

Post a Comment for "10 Makanan Ini untuk Membersihkan Arteri Anda"